2014-11-13

Sejarah Kota Jakarta

Sejarah Kota Jakarta siapa yang tidak ingin tahu. Ibukota negara Republik Indonesia ini selalu saja menjadi sorotan dan kontroversi dibanding dengan provinsi lain di Indonesia. Bagaimana tidak, seabrek persoalan dan harapan menjadi satu. Namun Jakarta tetap menjadi kota yang di rindukan. Sudah siap untuk berpetualang ke masa lalu Kota Jakarta?

Sungai Ciliwung yang membelah Kota Jakarta yang kini menjadi bak sampai dari warga kota  merupakan saksi bisu sejarah kota ini. Di dekat pinggiran sungai ini lah terdapat suatu tempat yang menjadi cikal bakal Jakarta.

Jakarta mulai dikenal pada abad ke-5 Masehi. Kota ini kian hari kian ramai dikunjungi oleh pedagangan dari berbagai penjuru dunia. Kala itu Jakarta memang menjadi pusat perdagangan internasional kala itu.

Jakarta mulai menikamti kejayaan sebagai pusat perdagangan pada abad ke-14. Pada mulanya kota ini bernama Kelapa yang merupakan bagian dari pemerintahan Sunda dan memiliki pusat kerajaan id Padjajaran. Bangsa Eropa yang datang ke Indonesia menjadikan Sunda Kalapa tujuan utama perdagangan mereka.

Sunda Kelapa tidak lama menikmati kejayaannya. Pasalnya kota ini berhasil ditakhlukan oleh  Fatahillah dan menggantinya menjadi Jayakarta. Setelah dikuasi Fatahillah, pada abad ke-16 Belanda berusaha untuk merebut Jayakarta dan sukses menakhlukannya lalu kemudian mengganti nama Jayakarta menjadi Batavia.

Di bawah pemerintahan Belanda, pertubuhan Batavia maju pesat. Namun pada akhirnya Belanda menyerah kepada Jepang yang akhirnya menguasai Indonesia. Jepang akhirnya mengganti  nama Batavia menjadi Jakarta Toko Betsu Shi. Namun,  setelah Jepang menyerah tanpa syarat pada sekutu setelah kekalahannya di Perang Dunia ke II dan Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Pada September 1945 di masa kemerdekaan Indonesia, pemerintah kota Jakarta mengikrarkan nama baru untuk wilayah ini menjadi Pemerintah Nasional Kota Jakarta.

Setelah 69 tahun merdeka, Kini Jakarta menjadi kota yang sangat laju tingkat pertumbuhannya. Jakarta berkembang dengan mantap menjadi sebuah metropolitan modern. Kekayaan budaya berikut pertumbuhannya yang dinamis merupakan sumbangan penting bagi Jakarta menjadi salah satu metropolitan terkemuka pada abad ke-21.

Ingin tahu sejarah kota lain di Indonesia? Silakan kunjungi website kami di www.tintasejarah.com. Dapatkan informasi tentang sejarah masa lampau baik sejarah kota, sejarah tempat, sejarah perang, dan berbagai kisah lampau yang menarik lainnya. Pastinya semua yang kami sajikan akan menarik anda pada pengalaman masa lalu yang belum anda ketahui selama ini.

Copyright © 2013 Vonny Kate: Sejarah Kota Jakarta | www.bookie7.co